Unusa Masuk 10 Perguruan Tinggi Terbaik Versi Webometrics

Unusa Masuk 10 Perguruan Tinggi Terbaik Versi Webometrics Januari 2024

Pemeringkatan Webometrics telah merilis daftar kampus terbaik di dunia edisi paruh pertama bulan Januari di tahun 2024. Di dalamnya termasuk juga daftar kampus swasta terbaik di seluruh dunia, lalu bagaimana dengan Unusa?

Pada edisi Januari ini, Webometrics sekaligus merayakan hari jadinya yang ke-21 tahun. Berbeda dengan tahun sebelumnya, di 2024 pemeringkatan mencakup lebih dari 32.000 institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia.

Namun, metodologi penilaiannya masih mengacu pada tiga indikator yakni visibilitas (dampak konten website), transparansi (peneliti), dan keunggulan (penelitian). Ketiganya dikembangkan hingga menjadi daftar kampus terbaik yang bisa dijadikan acuan mahasiswa ataupun calon mahasiswa.

Lompatan gemilang diraih oleh Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) di dalam dinamika perkembangan pendidikan tinggi Indonesia. Menurut publikasi terkini dari Webometrics yang dirilis pada bulan Januari 2024, Unusa berhasil meraih prestasi dengan menempati posisi ke-1 di antara Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Surabaya, ke-7 se-Indonesia, dan peringkat ke-35 dari ribuan PTN/PTS di Indonesia.

Wakil Rektor 1 Unusa, Prof. Kacung Marijan, menuturkan prestasi ini tidak hanya sekadar angka, namun juga cerminan dari dedikasi dan kolaborasi yang erat antara semua unsur civitas akademika Unusa. Sejumlah program yang telah dirancang dan diimplementasikan berhasil membangun momentum peningkatan jumlah publikasi ilmiah yang dihasilkan oleh para dosen dan mahasiswa Unusa.
“Kepercayaan masyarakat terhadap kualitas publikasi Unusa juga semakin menguat, tercermin dari meningkatnya jumlah sitasi yang dilakukan oleh para peneliti terhadap karya ilmiah dari Unusa. Selain itu, pada Oktober 2023, salah satu jurnal Unusa telah terindeks Scopus, yakni Indonesian Journal of Medical Laboratory Science and Technology (IJLMST),” ungkapnya, Kamis (1/2).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *